Usaha Jasa Pangkas Rambut (sila dibaca yg tertarik bisnis ini)

Bisnis Pangkas rambut  itu menurut gue sih merupakan usaha jasa yang resikonya kecil tetapi hasilnya relatif tetap. Sedikit demi sedikit lama lama jadi gunung bro. Walaupun  nih paginya sepi, tapi hampir bisa dipastikan sore sampai malam usaha potong rambut milik  lo bakal ramai didatangi para pelanggan…

Selain memotong rambut, lo jg bisa banget buka treatment khusus untuk merapikan kumis. (#serius) Pelanggannya mulai dari anak-anak, anak muda hingga orang tua. Model rambut yang diinginkan orang tua rata-rata hanya menginginkan rambut cepak, pendek dan rapi jadi tidak perlu bingung pak..

Berbeda dengan kawula muda yang menginginkan model rambutnya dipotong ala “mohawk”, “spiky”, “emo”, atau potongan kayak SM*SH.. wkwk Selain itu model yang juga sangat digemari adalah potongan ala mandarin…

Proses Potong Rambut

Proses yang dilakukan pada saat memotong rambut pelanggan sangat sederhana. Pelanggan hanya dipasangi celemek agar potongan rambut tidak menempel di baju. Abis itu rambut diusahakan tidak dalam posisi kering. Caranya rambut diperciki sedikit air menggunakan botol softener..

Hal ini dimkasudkan agar “larinya” rambut yang dipotong tidak kemana-mana. Tapi rambut juga tidak boleh dalam kondisi terlalu basah. Karena kalau basah, seperti habis keramas, rambut susah dipotong.

Abis itu pelanggan harus ditanya mau model rambut seperti apa. Jika proses potong rambut hampir selesai, pelanggan jg mesti ditanya lagi potongan rambutnya kurang apa, apakah kurang pendek atau kurang rapi. “Yang jelas, polanya harus kelihatan dulu..

Kemudian sisa rambut yang menempel di pakaian dibersihin dan pelanggan dibedakin. Tujuannya pelanggan dibedakin adalah untuk menjatuhkan rambut yang lengket, karena sisa rambut yang menempel di badan apabila langsung disikat tidak bisa langsung jatuh.

Peralatan & Ruang Usaha

Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha potong rambut juga tidak banyak dan relatif tidak susah untuk didapat. Peralatan tersebut meliputi peralatan cukur dan perlengkapan usaha potong rambut itu sendiri.

Peralatan cukur yang dibutuhkan adalah yaitu mesin kecil untuk memotong rambut, sisir potong, pisau cukur, handuk, kap potong, sikat rambut, semprotan air, sisir vidal, kuas muka, gunting pendek, gunting  sasak dan penyemprot untuk memerciki rambut konsumen.

Sedangkan untuk perlengkapan usaha yang dibutuhkan adalah kursi pangkas, kaca, meja berlaci, kipas angin dan  lampu pangakas.  Kebutuhan ruangannya meliputi ruang tunggu, ruang potong, ruang cuci rambut dan ruang Sholat (ini penting nih).. jika perlu tambahkan pendingin ruangan (AC) supaya menambah kenyamanan di barbershop anda..🙂

“kenali jenis-jenis rambut, ikuti serat-serat rambut, dan cocokkan dengan tekstur wajah.”

Anda tertarik mencoba?

adenthoriq

2 thoughts on “Usaha Jasa Pangkas Rambut (sila dibaca yg tertarik bisnis ini)

  1. Mf mas jujur aq egk bisa pangkas rambut tapi punya lapak/kios cukur rambut yg jd masalah ko anak buah srg pulkam gmn solusinya ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s