Hanya Keikhlasan yang Bisa Mengalahkan

HANYA KEIKHLASAN YANG BISA MENGALAHKAN

Dikisahan dari kitab Tanbihul Ghafilin oleh Samarqandi, dari Ikrimah bahwa suatu ketika, seorang ahli ibadah melewati sebuah pohon. Dia tiba tiba sangat marah karena melihat orang-orang berduyun menyembah pohon itu. Ia pun kembali ke rumahnya mengambil kapak dan kembali untuk menebang pohon itu.

Namun di perjalanan ia dicegat oleh iblis yg melarangnya menebang pohon itu. Ia bersikeras bahwa pohon itu harus ditebang, karena merupakan penyebab dari kesyirikan, menduakan Allah. Namun, iblis terus mencegatnya hingga terjadi pergulatan. Dengan mudah, ahli ibadah itu mengalahkan iblis yg menyerupai manusia biasa.

Karena kalah, iblis kemudian menawarkan dua dinar yg akan ditaruh di bawah bantal lelaki itu setiap harinya. Ia pun setuju. Beberapa hari berikutnya ia begitu menikmati dua dinar pemberian yg ditaruh di bawah bantalnya. Hingga di hari kesekian, seperti biasanya, lelaki itu terbangun, lalu kali ini ia tidak menemukan apa-apa di bawah bantalnya.

“Kurang ajar, aku telah ditipu, sekarang aku akan menebang pohon itu”, seru lelaki ini geram

Di jalan ia kembali ditemui iblis dalam bentuk manusia itu lagi seraya bertanya, “Hendak kemanakah engkau?”

Dengan masih marah, lelaki ahli ibadah ini menjawab, “Aku akan menebang pohon yg disembah itu.”

Iblis menjawab,”Engkau berbohong, bukan karena itu engkau menebangnya.”

Lelaki ini terus melangkah untuk menebang pohon yg disembah itu, sehingga iblis itu marah dan membantingnya ke tanah lalu mencekiknya erat, seraya bertanya,

“Tahukah engkau, siapakah aku sebenarnya? Aku adalah iblis! Engkau datang pertama kali hendak menebang pohon itu karena semata membela Allah sehingga aku tidak mempunyai cara mengalahkanmu. Lalu, aku perdaya engkau dengan dua dinar dan engkau pun tidak jadi menebangnya. Karena engkau sekarang datang karena marah demi dua dinar itu maka aku dapat mengalahkanmu. Hanya dengan keikhlasan engkau bisa mengalahkanku”


Leave a Reply

