Sedikit Tentang ASSYAHADATAIN

MEMAHAMI ASSYAHADATAIN (Materi Tarbiyah Jilid1)

Banyak sebagian dari kita umat muslim yang belum mengenal secara dalam makna dari dua kalimat syahadat. Hanya terucap dalam lisan. Tidak merasuk dalam jiwa. Berat. Kalimat ini amatlah berat. Bahkan para sahabatpun yang sebagian besar adalah bangsa arab, sangat memahami makna yang terkandung dalam kalimat yang membawa perubahan. Perubahan menuju kejayaan islam. Mereka mengetahui dan memahami konsekuensi yang akan mereka terima dari ucapannya. Oleh karena itu tidak sedikit kasus dari mereka yang menolak mengucapkan kalimat tersebut. Bahkan di antara mereka akan dapat mengucapkan sepuluh kalimat, asalkan bukan kalimat itu.

Kalimat Syahadat ini merupakan hal yang sangat penting bagi seorang muslim, karna hal ini menjadi prioritas utama untuk menentukan arah perjalanan hidupnya. Mau dibawa kemanakah dirinya? Kalimat syahadat adalah awal mulanya. Dan dengan dua kalimat syahadat ini pulalah Rasulullah SAW mengubah Masyarakat arab, dari jahiliyah menuju ke peradaban yang islami.

Syahadat membawa perubahan yang fundamental dalam setiap manusia. Dengan syahadat inilah merubah kondisi masyarakat dari akarnya yang paling bawah; yaitu dari sisi relung hatinya yang paling dalam. Karna ketika hati telah berubah, maka segala gerak-gerik, tingkah laku, pola piker, kejiwaan dan segala tindak tanduk akan berubah pula. Ingatlah kawan, jika hati kita baik maka segalanya akan baik. Karna hati adalah raja, tubuh adalah prajuritnya. Jika hati sudah mengarah ke satu arah maka tubuh pun akan mengikutinya. Semuanya tergantung niat dan niat letaknya di hati. Itulah yang harusnya kita persembahkan kepada Allah azza wa jalla, Syahadat dengan sepenuh hati.. (bersambung…)

2 thoughts on “Sedikit Tentang ASSYAHADATAIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s