Akibat Tanpa Ilmu

Suatu kisah di zaman Rasulullah Shallahu’alaihi wa sallam, ada seorang sahabat terluka di bagian kepala. Dan kemudian di malam harinya sebelum dia terluka dia bermimpi dan akhirnya junub. Karena pada saat itu sedang musim dingin, dia bertanya kepada sahabat lainnya. Apakan ada rukhsah (keringanan) bagiku untuk tidak mandi? Yang ditanya menjawab, Tidak! Maka mandilah sahabat tadi yang sedang dalam keadaan junub sehingga menyebabkan sahabat ini meninggal.

Kemudian sampailah cerita ini ke telinga Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam. Beliau marah besah dan berkata dengan nada tinggi,”Sungguh kalian telah membunuhnya. Semoga kalian diberi balasan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Mengapa kalian tidak bertanya jika tidak mengetahui? Karena sungguh obat dari tidak tahu ialah bertanya”

Kisah yang saya dapat pada saat ceramah tarawih. semoga menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu rajin menuntut ilmu, terlebih dengan ilmu agama agar kita tidak celaka. Dan semoga kita selalu dimudahkan Allah untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Rabbizidni ilman, warzuqni fahman.. aamiin

@yunusthariq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s