Colour of maturity, UNITE in diversity!

Terpilihnya saya sebagai mahasiswa baru Institut Manajemen Telkom adalah satu fase dari perubahan IM Telkom kedepannya. Menilik salah seorang trainer ESQ yang telah saya ikuti beberapa waktu yang lalu, Kang Ramdani selaku trainer berkata, “Sukses tidaknya IM Telkom dalam proses edukasi, prestasi, dan manejerialnya. Bukan ditentukan oleh banyaknya mahasiswa IM Telkom. Bukan juga dipengaruhi oleh kekayaan aset IM Telkom. Bukan itu semua. Akan tetapi yang akan membawa sukses dan tidaknya Kampus IM Telkom adalah karakter dari pribadi-pribadi yang didalamnya, dialah kamu sebagai mahasiswanya”

Menarik membahas mengenai pernyataan hangat dari kang ramdani sewaktu saya melakukan training beberapa waktu yang lalu. Memang benar bahwasanya baik atau tidaknya arah perubahan Institut Manajemen Telkom akan sangat ditentukan dengan sejauh mana mahasiswanya memiliki karakter dan kepribadian yang baik.

Dalam bait-bait Hymne IM Telkom bercerita bahwa visi dan misi bersama IM Telkom adalah menciptakan manajer-manajer handal yang berdasar pada tridharma perguruan tinggi dengan berdasar kepada apa yang telah dipegang oleh mahasiswa. Mereka menyebutnya TRIdharma Perguruaan tinggi.

Tridharma perguruaan tinggi berisi tentang 

1. Pendidikan dan pengajaran

2. Penelitian dan pengembangan

3. Pengabdian pada masyarakat

Itulah yang juga dikatakan oleh Ketua senat IM Telkom dan juga Rektor IM Telkom, Bapak Ir. Husni Amani, MM, M.Sc di depan siding terbuka 30 agustus 2012 di depan civitas akademika IM Telkom.

Pernyataan tersebut bukanlah tanpa maksud tentunya. Hubungan antara Mahasiswa IM Telkom dan Prinsip tridharma perguruan tinggi haruslah memiliki korelasi. Yang nanti menjadi tonggak kita bersama dalam pembangunan negeri ini. Dan apa salahnya apabila kita memulainya dalam dunia perkampusan. Dalam proses belajar sambil melakukan (learning by doing) diharapkan keberadaan kita di institusi ini membawa dampak baik bagi pergerakan kampus (Institution movement) dan juga Pergerakan bangsa kita (nation movement) secara progresif tentunya.

Makna Tridharma Perguruan Tinggi

Agar dapat lebih menghayati makna dari perguruan tinggi, marilah kita tinjau ketiga dharma itu secara lebih mendalam.

1. Pendidikan dan Pengajaran

Pengertian pendidikan dan pengajaran disini adalah dalam rangka menerusakan pengetahuan atau dengan kata lain dalam rangka transfer of knowledge ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan melaui penelitian oleh mahasiswa di pergurun tinggi.Dalam pendidikan tinggi dinegara kita dikenal dengan istialh strata, mulai dari strata satu(S-1) yaitu merupakan pendidikan program sarjana,strata dua(S-2) merupakan program magisterdan strata tiga (S-3) yaitu pendidikan doktor dalam sutau disiplin ilmu,serta pendidikan jalur vokasional/non gelar(diploma).

2. Penelitian dan pengembangan

Kegiatan penelitian dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tnapa penelitain,maka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi terhambat. Penelitian ini tidaklah berdiri sendiri, akan tetapi harus dilihat keterkaitannya dalam pembangunan dalam arti luas.artinya penelitain tidak semata-mata hanya untuk hal yang diperlukan atau langsung dapat digunakan oleh masyarakat pada saat itu saja,akan tetapi harus dilihat dengan proyeksi kemasa depan. Dengasn kata lain penelitian dipergurun tinggi tidak hanya diarahkan untuk penelitian terapan saja,tetapi juga sekaligus melaksanakn penelitian ilmu-ilmu dasar yang manfaatnya baru terasa penting artinya jauh dimasa yang akan datang.

3. Pengabdian pada masyarakat

Dharma pengabdian pada masyarakat harus diartiakan dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagi hasil dari berbagai penelitian.Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersiafat kongkrit dan langsung dirasakn manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek. Aktivitas ini dapat dilakukan atas inisiatif individu atau kelompok anggota sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat maupun terhadap inisiatif perguruan tinggi yang bersangkutan yang bersifat nonprofit(Tidak mencari keuntungan). Dengan aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi,yang selanjutnya dapat digunakn sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut.

Mahasiswa

Ketika saya berselancar di dunia internet saya menemukan arti bahwa mahasiswa identik dengan semangat untuk terus menerus menentut ilmu. Hal itu terepresentatifkan oleh nama “mahasiswa” itu sendiri. Kata maha berkonotasi dengan sesuatu yang tidak terbatas. Seperti sifat Tuhan Yang Maha Pengasih, Maha penyayang, Mahalembut, dan lain sebagainya. Dan siswa berkonotasi dengan semangat untuk menuntut ilmu. Sebuah nama yang bisa menjadi beban bagi kita para mahasiswa karena para pendiri bangsa dan ahli bahasa menjadikan “mahasiswa” untuk menggantikan istilah “seorang yang belajar di universitas”. Sebuah kehormatan tentunya bagi kita para mahasiswa, karena di negara lain tidak ada penghormatan khusus untuk seorang mahasiswa. Sebagai contoh, mahasiswa dalam bahasa inggris tetap “student”, dalam bahasa arab “thulaby”, dalam bahasa jepang “gakusei”, bahasa jerman “studenten”, dan etudiants untuk bahasa perancis. Semuanya sama penggunaannya untuk siswa dan mahasiswa.

Unik memang jika melihat penggunaan bahasa ini, tetapi memang itulah yang dititipkan oleh pendiri negeri ini kepada para pelajar di perguruan tinggi. Jika menilik ke sejarah Indonesia, memang para pendiri negeri ini ketika menjadi mahasiswa bukan hanya sebagai mahasiswa biasa. Mereka yang khususnya berkuliah di luar negeri justru menjadi satu kesempatan untuk berkonsolidasi, menyerap ilmu dan dukungan sebanyak-banyaknya di negeri orang. Kesempatan belajar di universitas atau perguruan tinggi menjadi sebuah beban tersendiri bahwa mereka yang mendapat kesempatan ini adalah seorang yang harus bisa berkontribusi balik terhadap kemerdekaan dan pembangunan Indonesia.

Colour of maturity

“Colour of maturity, UNITE in diversity!”
Seperti itulah tagline kami saat mengikut kegiatan OKMB 2012. Sangat special tentunya bagi saya menemukan arti yang dalam dari slogan tersebut.

UNITE sendiri di dalamnya memiliki makna tentang Understanding, Numerous, Inspire, Tolerance dan Emphatic. Yang apabila dirangkai dapat berarti

“Kita Mahasiswa dan Mahasiswi baru Institut Manajemen Telkom diharapkan mampu mengerti akan banyaknya perbedaaan yang melatarbelakangi kita sehingga kita dapat mengambil inspirasi untuk dapat kita amalkan dalam wujud rasa toleransi, empati dan peduli sesama mahasiswa ataupun orang lain”

Bangsa ini sedang terpuruk dalam rasa toleransi sehingga persatuan mulai ternoda. Tengoklah acara televisi. Terjadi bermacam bentuk kekerasan (violence) yang dilakukan mulai dari tingkat usia anak-anak hingga dewasa, tingkat tidak bersekolah hingga strata, dan juga tingkat antar agama.

Maka dari itu dengan tagline UNITE 2012 kita diharapkan mampu untuk membawa kembali nilai-nilai yang orang terdahulu telah wariskan kepada kita. Yaitu nilai saling memahami perbedaan, nilai inspiratif dan nilai rasa toleransi empati yang tinggi. Di mulai dari dunia perkampusan kita diajarkan untuk mewarnai kedewasaan kita dengan hal-hal yang baik.

Seperti kata kang sandy miftah selaku ketuplak, ”Warna adalah melambangkan sebuah kepribadian. Warna yang berbeda menggambarkan perbedaan yang ada di antara kita dan lingkungan di sekitar, tapi perbedaan buka alasan untuk kita tidak bersatu dan tidak menjadi dewasa. Karena disini kita akan bersatu dalam perbedaan warna yang membentuk karakter menjadi dewasa.”

HIDUP MAHASISWA!
UNITE 2012..! IMT…IMT…IMT..!

Sebuah tulisan kecil dari seorang mahasiswa baru yang mempunyai sedikit ilmu
”@yunusthariq”

Referensi : http://www.alchemyst.co.cc/2011/06/definisi-tri-dharma-perguruan-tinggi.html#ixzz1sXjzKQBS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s