BBM akhirnya berani berbagi ‘kasih’ di iOS dan Android

GambarBerita mengejutkan datang dari pemilik platform smartphone Blackberry. BBM akan hadir di toko aplikasi masing-masing pengguna iOS dan Android pada musim panas nanti. itu berarti antara bulan Juli – September.

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia  sendiri adalah penyumbang terbesar laba perusahaan asal kanada ini. Yap, Negara kita adalah pengguna BB terbanyak di Dunia. Dan sebagian besar user blackberry ini menggunakan aplikasi bbm sebagai sarana komunikasi.  Tak pelak BBM sudah menjadi senjata utama ponsel cerdas ini. Itulah mengapa sebagian besar konsumen loyal terhadap produk blackberry. Fasilitas BBM membuat mereka menjadi eksklusif daripada ponsel-ponsel pintar lainnya.

Namun setelah selentingan kabar BBM bakal muncul di iOS dan Android, ini menjadi HOT Topic di berbagai situs-situs berita. Saya tertarik untuk mengeksplorasi pemberitaan itu. Dan benar adanya.

Padahal baru saja kemarin, rabu (5/6), saya dan teman-teman membahas isu ini dihadapan kelas kuliah marketing. Ternyata kepastian isu itu telah terjawab. Blackberry akhirnya memutuskan untuk berbagi layanan bbm kepada OS Smartphone lain.

Seperti yang saya kutip di koran tempo, BBM awalnya hanya diuntukkan pada sesama pengguna perangkat BlackBerry. Namun layanan chatting yang kayak BBM sudah banyak saingannya. Whasapp, misalnya, dia sudah memiliki pengguna pada kisaran angka 200 juta orang. Sedangkan BB hanya sekitaran 60 juta orang. Apa iya RIM pengen menambah pangsa pasarnya untuk meraih untung yang lebih besar?

But In My Humble Opinion, bila Melihat dari sisi konsumen, pengguna software iOS dan Android lebih diuntungkan. Mereka dapat dengan mudah memperoleh aplikasi BBM secara gratis di masing-masing apps store-nya. Cih..

Namun sebenarnya, seperti apa sih bisnis model yang dijalankan Blackberry setelah peluncuran aplikasi bbm lewat? Saya masih bingung dengan keberanian blackberry berbagi kasih layanan fitur BBM-nya. Sudah lah kita tunggu saja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s