Menelisik Arah dan Tujuan IM Telkom

Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi dan Penelitian bidang “Bisnis dan  Manajemen Konvergensi”  yang unggul di Asia pada tahun 2021

Picture1

Di balik derasnya arus pertumbuhan bisnis tanah air yang terus menderus, selalu akan hadir sosok-sosok yang akan selalu siap mendobrak tantangan itu. Dobrakan arus mainstream itu dititahkan kepada mereka yang memiliki jiwa ekslusivitas sebagai seorang pemuda. Mereka terus belajar demi memuaskan dahaga pemikiran yang terus berkobar. Tak pelak mereka disebut-sebut Mahasiswa.

Namun tidak banyak dari civitas akademika IM Telkom yang tahu maksud dari kalimat di atas, kalimat yang normatif yang barangkali baru pertama kali anda dengar.

Kalimat di atas adalah visi sebuah institusi yang berlokasi di dayeuhkolot, Bandung, yang tak lain Institut Manajemen Telkom. Suatu pandangan akan jadi apa IMT kedepannya. Dalam tulisan ini saya akan menelisik makna yang tersirat dalam visi di atas melalui pandangan saya terhadap kondisi IMT menghadapai tantangan global yang semakin radikal ini.

Sebelumnya, tulisan ini bukan kritik yang intrik untuk institusi saya. Hanya sekedar pelebaran pengetahuan kepada kampus yang sedang dijajaki. Atas dasar cinta kepada kampus, saya menitahkannya dalam tulisan ini.

In this moment, sudah menjadi tanggungan kita semua, civitas akademika IMT tuk bersama dalam satu barisan bergerak menuju visi ini. Mau jadi apa IMT pada 2021? Apa anda yakin 2021 IMT bakal unggul di Asia?

Sukses atau tidaknya visi misi di atas memiliki hubungan yang linear terhadap orang-orang yang terlibat di dalamnya. Stakeholder kampus memiliki peran untuk berkontribusi demi kemajuan dan tercapainya cita-cita itu. Hingga kita menemukan, Milestone apa yang akan dicapai, prestasi prestisius apa yang akan diraih, dan manfaat apa yang akan dirasakan masyarakat terhadap kehadiran IMT di Dayeuhkolot ini.

Di negeri yang indah ini, hadirnya IMT yang belum genap 20 tahun tidaklah sementereng ITB, UI, UGM dan kampus lainnya yang lahir terlebih dahulu. Tapi jika kita melihat dari percepatannya kita memiliki keunggulan dengan membawa label Telkom di nama institusinya. Berikut adalah analisis saya tentang arah dan tujuan tersebut.

Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi 

Kata pendidikan mengawali visi IMT. Pendidikan beda dengan pengajaran. Pengajaran sebatas pengetahuan saya, hanyalah transfer ilmu saja. Seperti yang banyak dilakukan bimbingan belajar dimana pengajar hanya menyampaikan apa yang ia ketahui berkaitan tentang materi ajar. Nah, kalo pendidikan makna yang tersirat lebih luas, di dalamnya terdapat disiplin, etika, pengembangan karakter, sharing inspirational, dan banyak lagi yang memiliki maksud untuk mendidik.

Sebagai institusi yang memiliki visi “menjadi lembaga pendidikan tinggi”, sudah seharusnya dipahami seluruh perangkat kampus untuk membentuk poin ini, pembentukan karakter. Jangan sampai mahasiswa disini hanya dianggap sebagai objek pengajaran yang datang lalu pergi lulus meninggalkan kampus.

Lembaga penelitian

Untuk masalah ini, Bukan hal mudah menjadikan IM Telkom sebagai lembaga berbasis pada penelitian, Research Institute. Bila kita tengok dengan kampus-kampus lain, memang ada penurunan budaya riset. Tidak hanya dari Mahasiswa-mahasiswanya namun juga Pendidik yang berada di masing-masing perguruan tinggi.

IM Telkom melalui mahasiswanya memiliki Unit Kegiatan khusus sebagai ajang untuk riset dan penelitian, kami sebut SEARCH IM Telkom. Namun, Institusi masih belum memiliki bidang khusus untuk menangani kegiatan riset dan penelitian. andai saja punya, kampus ini akan jauh lebih baik untuk bisa menjamah sebagai Research Institute. Kalau sudah begitu siapa yang tak bangga?

Bidang bisnis dan manajemen konvergensi

Dunia Bisnis dan Manajemen memang adalah bidang studi keilmuan kita. Namun dalam kalimat di atas tertera kata konvergensi. Di berbagai disiplin ilmu, teknologi internet sudah semakin diakui sebagai platform bisnis yang memiliki implementasi di berbagai teknologi secara konvergensi (media, telekomunikasi dan informatika). Dengan menggunakan aspek tersebut kita tentunya diharapkan unggul dalam menguasai bisnis dan manajemen konvergensi itu. Kompetensi inilah yang kelak menjadi keunggulan lain bagi mahasiswa nya setelah lulus nanti.

Unggul di Asia pada tahun 2021

Menjadi unggul di Asia bukanlah mimpi dan isapan jempol belaka. kita punya modal untuk sampai kesana tuk menjadi world class university. wih.. namun, untuk meraih titel itu bukan hal yang mudah. Ada beberapa indikator yang mesti dipenuhi Institusi agar menjadi kampus berskala dunia dan unggul di Asia. IM Telkom di bawah Yayasan Pendidikan Telkom sudah berusaha membangun sarana dan pra-sarana kampus demi menunjang visinya. Tapi di balik itu kita masih butuh penggunaan dan perawatan fasilitas secara optimal agar dapat digunakan oleh mahasiswanya secara maksimal. Contohnya saja, Asrama. Asrama yang dimiliki oleh yayasan adalah proyek baru yang dipaksakan untuk ditempati tahun ini padahal fasilitas di dalamnya masih belum mumpuni. Tarif per-orang juga saya rasa masih mahal. Di balik itu, kampus kita masih baru. Ibaratnya kita masih mempunyai umur panjang untuk terus tumbuh dan berkembang.

Bagi saya, untuk meraih titel Kampus yang unggul di Asia pada tahun 2021 bukanlah hal begitu sulit, karena hanya perlu memenuhi indikator yang ada dan sebuah kampus bisa mengalami peningkatan peringkat universitas. Perlu anda ketahui juga, IMT memiliki ranking 2 untuk webometric kategori school of business in Indonesia. Kita masih berada di atas  SBM ITB, Prasmul dan Kampus bisnis konvensional lainnya. Prestasi ini perlu kita tingkatkan dengan, sering-sering mengeksplore situs-situs IMT berdomain ac.id. Bukan hal yang tak mungkin tahun ini kita melonjak, nangkring di posisi pertama webometrics untuk kategori Top Business School.

IMT adalah kampus bisnis berbasis pada ICT Management. Di Indonesia cuman ada disini kampus yang memiliki prospek bagus akan keterlibatan bisnisnya di dunia ICT. Inilah diferensiasi yang kita miliki dengan kampus bisnis konvensional lainnya. Dalam hal ini kita boleh sedikit berbangga diri. Namun di sisi lain, kita harus berusaha bersama-sama secara sinergis untuk mewujudkan visi Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi dan Penelitian bidang “Bisnis dan  Manajemen Konvergensi”  yang unggul di Asia pada tahun 2021. Melalui 3 nilai yang kita emban yaitu Integrity, Entrepreneurship, dan Best for excellence. Kemudian dari langkah-langkah yang kita tapaki mari kita mulai dengan keyakinan. Karena kita bisa. Yes, We Can!

Jadi sudah jelas kan, untuk menjawab judul di atas.

sumber dan referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s