Plus Minus Kota Balikpapan

Manggar Beach, Balikpapan

Pantai Manggar, Balikpapan

Balikpapan. Bila anda mencari kata kunci kota ini melalui search engine bernama “google” maka prestasi segudang berkenaan kota bersih nan sehat di Indonesia akan muncul di halaman pencarian anda.

Yap. Balikpapan yang dikenal dengan sebutan kota minyak ini telah belasan kali meraup penghargaan seputar kota bersih di Indonesia. Bahkan kota yang memiliki motto “kubangun, kujaga, kubela”” berhasil nangkring di urutan kedua sebagai kota terbersih tingkat The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) setelah kota Phitnasulok, Thailand.

Budaya bersih dengan berwawasan lingkungan telah menjadikan ciri khas dari masyarakat Balikpapan dengan program Pemerintah kotanya, yakni Green, Clean, and Healthy. Sebagai orang yang pernah lama dibesarkan disana saya turut bangga kepada Balikpapan. hehe

Mengherankan memang, ketika kota-kota lain di Indonesia diberitakan oleh media massa tentang keburukan-keburukan masyarakat atau pemerintahnya, justru Balikpapan mendapat perhatian bagus bagi media nasional yang ingin mengisi rubrik news-nya. Berikut saya lampirkan pemberitaannya

Raih Adipura Kencana, Petugas Kebersihan Balikpapan Dapat Insentif
160625
Balikpapan, Kota terbersih Kedua di Asean
SAMSUNG DIGITAL CAMERA

Balikpapan, kota terbersih se-Asean
Begini Cara Balikpapan Melarang Para Perokok
Balikpapan Raih Adipura Kencana 2013
Bangga Raih Adipura Kencana

Seperti dilansir melalui kompas.com, 7 Juni 2013, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur akhirnya merebut Adipura Kencana tahun 2013, sesuai target yang pernah dicanangkan. Penghargaan di bidang kebersihan itu diraih Balikpapan yang masuk kategori kota besar.

Di Balikpapan, membuang sampah rumah tangga tidak bisa seenaknya sendiri. Ada Peraturan daerah yang mengatur tentang itu semua. Contohnya saja untuk membuang sampah tidak bisa sembarang waktu. Mambuangnya diperkenankan pada pukul 18.00-06.00, Hal ini untuk menghindari bau sampah yang menyengat ketika pagi dan siang hari.

Balikpapan sangat serius terhadap pola lingkungan hidup kemasyarakatan. Kota yang memiliki banyak pendatang dari dalam maupun luar negeri ini, memperketat aturan kebersihan dan lingkungan hidup melalui Perda yang dicanangkan oleh pemerintah kotanya. Dampaknya bisa terlihat bukan hanya prestasi skala nasional, namun juga reputasi di dunia Internasional.

Balikpapan sering disebut-sebut kota dengan biaya hidup mahal di Indonesia. Bahkan Tempo.co melansir Balikpapan, kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Memang perlu diakui pendapatan di Kota Balikpapan memang cukup tinggi, namun daya beli masyarakatnya juga tinggi. Seperti itulah realita yang dapat anda temui di kota dengan maskot beruang madu ini.

Namun di balik itu, Balikpapan tentunya masih memiliki banyak kekurangan. Khususnya dari segi Infrastruktur. Balikpapan saat ini masih belum memiliki stadion kebanggaan kotanya sebagai penyelenggaraan event olahraga maupun untuk event kemasyarakatan. Persiba, tim sepakbola yang dimiliki Balikpapan saat ini masih bermain di lapangan milik pertamina, dengan fasilitas yang kurang mendukung. Malu rasanya melihat pertandingan yang dilakukan oleh Persiba, rumputnya hancur bak sawah berlumpur. Harapan dari pecinta sepakbola di Balikpapan tentu ingin memiliki stadion yang nyaman guna memuaskan dahaga olahraga.

Tempat rekreasi wisata alam di Balikpapan juga sangat kurang. Berhubung Balikpapan adalah kota jasa dan public service. Aspek ini tidak dikedepankan. Alangkah lebih baik jika beberapa pantai yang dimiliki Balikpapan dipandang sebagai ladang income kota jua. Tidak hanya pantai, Kawasan Wisata Lingkungan Hidup dan penangkaran buaya dapat dijadikan sektor pariwisata unggulan.

Apapun yang terjadi atau bagaimanapun keadaannya, setelah menyelesaikan Pendidikan di Bandung ini, Saya siap kembali kesana dan berkontribusi untuk kemajuan Balikpapan.

photo credit by flickr

6 thoughts on “Plus Minus Kota Balikpapan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s