Toleransi Bagiku Adalah …..

Bb4pD8OIQAAqbLv

Saudaraku, maaf bila dalam beberapa hal yang berkaitan dengan agama lain, aku bersikap menjaga aman saja. Yah begitulah. Benak pikiranku berkata bahwa aku belum berani untuk ucapkan selamat natal kepada mereka yang berbeda denganku.

Maaf, bukan aku tidak menghargai nilai-nilai toleransi dan humanisme. Namun bagiku agamaku dan keyakinanku dalam hal ketuhanan tidak dapat tergadai dengan berbagai macam alasan.

Karena bagiku toleransi adalah membiarkan umat agama lain melakukan apa  yang mereka yakini tanpa mengganggu aktivitas peribadatannya.

Aku muslim meskipun belum begitu taat namun tetap menolak mengucapkan selamat Natal dan perayaan agama lain. Dan syukur alhamdulillah hingga saat ini aku belum pernah terlibat merayakannya.

Saya harap kalian mengerti maksud dan apa yang saya yakini.

Akhirnya, semoga ini tak melunturkan semangat pertemanan dan persahabatan kita dalam menjalani hari yang penuh damai di negeri Indonesia ini.

picture credit by AlFatihStudios

Leave a Reply

