In This Election, I Want to be Part of The Change

Prabowo-dan-Jokowi

Balikpapan 8 Juli 2014

Sebentar lagi Indonesia akan membuat sejarah. Sejarah dalam menentukan takdir bangsa di masa depan. Tak lain adalah pemimpin mereka, pelayan mereka, presiden mereka yang ketujuh dalam sejarah panjang dinamika bangsa Indonesia setelah merdeka Agustus 1945.

Gegap gempita pesta demokrasi terus berseliuran di pinggir-pinggir gang perkotaan, tongkrongan ojek, pos kamling, halte bus, hingga dunia maya yang penuh dengan ratapan. Teknologi yang begitu canggih membuat kecepatan informasi cepat diraih. Membuat Pemilu yang kita jalankan saat ini berjalan sebegitu dinamis. Tidak ada pemberitaan yang terlewat, bahkan jika bisa dibilang kedua capres sudah tak ada aib yang bisa ditutupi.

Saya tertarik atas pernyataan seorang pengamat yang mengatakan bahwa masalah kepantasan adalah perihal penting untuk menentukan siapa pemimpin kita.(baca: Indonesia Memilih) Yap, Presidential look. Kepantasan yang diukur dari sejauh mana kita sebagai warga Indonesia bisa percaya diri dengan wajah dia. Wajah dimana dia pantas untuk menjadi wajah Indonesia dalam forum dunia. Tentunya saya tidak mau mempermalukan Indonesia dengan memilih presiden yang tidak bisa diterima dalam pergaulan dunia. Menurut saya kita sempat mengalaminya.

Masalah kepantasan juga yang membuat perbedaan pengorbanan mana yang telah dan akan dilakukan masing-masing calon. Mereka yang pantas memimpin seharusnya benar-benar menyiapkan sejak lama. bertahun-tahun. Tentunya bukan karena ambisi  dan nafsu akan kekuasaan tapi kesiapan untuk mewakafkan dirinya untuk negara sepenuh jiwa juga raga.

Saya tertarik sebuah analogi yang mengungkapkan bahwa “Sekelompok macan akan jadi domba jika dipimpin oleh domba, tapi sekelompok domba bisa bermental macan jika dipimpin seekor macan.” Pilihan ada di anda, saya, dan kita semua.

Dan pada akhirnya pemilu saat ini menjadi bagian dari pelajaran sejarah dan politik dari kita. Saya akan memilih untuk menentukan takdir Indonesia di masa depan. Menjadi bagian dari perubahan. Memilih pemimpin merupakan hak kita sebagai warga negara. Hak yang sayang bila dilewatkan. Saya harap anda juga bakal ikut.

I want to be part of the change, I want you to be part of the change too.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s