Memahami Perilaku Organisasi, Konflik dan Perundingan

Konflik merupakan sebuah peristiwa dimana ada satu pihak yang merasa bahwa pihak yang lain telah mempengaruhi secara negatif tentang suatu yang menjadi perhatian pihak pertama. (menurut, Stephen B. Robbins)

Suatu titik pada setiap kegiatan yang tengah berlangsung, bila terjadi suatu interaksi yang “bersilang” maka itu dapat memicu terjadinya konflik antar pihak. Dalam bukunya dijelaskan bahwa konflik meliputi hal berikut ini:

  1. Ketidakcocokan tujuan
  2. Perbedaan penafsiran makna
  3. Ketidaksetujuan berdasarkan perilaku

Konflik juga memiliki proses. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Robbins dalam bukunya.

 Picture1

Menurut Robbins, proses konflik dapat dipahami sebagai sebuah proses yang terdiri atas lima tahapan: potensi pertentangan atau ketidakselarasan, kognisi dan personalisasi, maksud, perilaku, dan hasil.

Continue reading

Advertisements

Alhamdulillah, gue udah punya KTM..!!!

Bandung, 7 November 2012 – Di tengah teriknya matahari dan bertebarannya debu-debu dakol saya harus berjuang ke kampus untuk memperoleh kartu identitas saya sebagai mahasiswa telkom business school (baca: IM Telkom) hehe. Memang akhir-akhir ini udara dan suhu kota bandung -ehh salah, maksud saya kabupaten bandung- siang tadi memang cukup hot. saya merasakannya bukan kepalang. saking gak kuatnya, jadi setelah selesai mengambil KTM saya buru-buru dah balik ke kos’an. ngadem. sambil makan siang dengan menu bakso dan sosis hehe nikmat euy.

Saya baru tahu, ternyata loket pengambilan KTM sudah berlangsung sejak selasa kemarin di lobby SKM dan lobby SMTM. dan terakhir pengambilannya hari ini di lobby SMTM. tapi buat yang tidak sempat mengambil hari ini bisa diambil di kantor cabang BNI Dayeuhkolot. setelah dapat info ini, saya buru-buru dah broadcast SMS ke teman-teman sekelas. maklumlah saya di kelas jabat KM, jadi kalo ada informasi-informasi gituh kudu rensponsif beritahu ke yang lainnya. maka dari itu nyokap suka ngomel tagihan abonemen  HP agak membengkak hehe.

Oia, berbicara tentang KTM, sebagai seorang mahasiswa, mahasiswa baru khususnya, tentu menjadi kewajiban memiliki kartu tanda mahasiswa sebagai tanda pengenal dan juga identitas diri. bagi saya ada perasaan bangga mempunyai kartu bukti secara sah dan meyaakinkan sebagai mahasiswa IM Telkom. Sudah lama saya menginginkannya tapi baru hari ini terealisasi. ktm ini teh bersifat  dwifungsi. fungsi pertama, ktm ini bisa digunakan sebagai kartu identitas mahasiswa IM Telkom. fungsi kedua, kartu ini bisa digunakan untuk mengambil uang di ATM. tapi saldonya kudu diisi dulu baru bisa diambil duitnya di atm. Kalo gak diisi yah, SAMA AJA BO’ONG!

Untuk yang akan datang sih, saya berharap dan berangan-angan kartu ini juga bisa digunakan sebagai alat absensi. capek atuh kudu tanda tangan mulu di setiap mata kuliah. ganggu konsentrasi pula. gak ada salahnya kan kalo tinggal gesek, lagipula juga keren hehe

dan buat yang penasaran sama KTM saya, ini dia saya persembahkan jreeeng….

Tuh foto asli gue! gue pas lagi gondrong. gue rada kesel ama temen gue yang nanya, “itu yang di dalam foto siapa nus?” rasanya pengen gue cincang dah tuh orang.
oia tak lupa bersyukur sama Tuhan, Alhamdulillah saya udah punya KTM. FYI aja, ini KTM berlaku seumur hidup loh..
Salam dari mahasiswa yang baru dapet KTM @yunusthariq   🙂

Pekan Ujian Tengah Semester Institut Manajemen Telkom, Selamat Melaksanakan UTS dan Semoga Sukses!

Program Studi MBTI Institut Manajemen Telkom akan melaksanakan Ujian Tengah Semester Semester Ganjil 2012/2013 secara terjadwal pada tanggal 22 Oktober 2012 – 3 November 2012. Jadwal secara lengkap silahkan dibuka link jadwal uts. Untuk Maba 2012, gambar yg lebih jelas silahkan buka link berikut ini Jadwal uts maba mbti.

Semua dosen beserta jajarannya tentu berharap pelaksanaan UTS dapat berlangsung secara tertib bebas dari contekan, maupun semua kebiasaaan buruk lainnya. Untuk itu, mari kita budayakan ujian secara jujur dan bersih.

Selamat menempuh UTS. Semoga SUKSES bagi semua mahasiswa prodi MBTI IM Telkom.
Hidup Mahasiswa!

@yunusthariq

Tata Bahasa Indonesia [dilengkapi MindMapping dan Landasan Teori Lengkap]

Bandung, 9 oktober 2012

Ini hasil kerja keras kita hari ini. Terimakasih atas kerja samanya.
Cahyo Wicaksono, Rizki Anggraeni, Elita Rosalina, dan Ronal Tarigan
Sekarang tinggal berdoa sama Tuhan tuk penilaian yang terbaik. hehe aamiin

oleh @yunusthariq
#CoretanHidupSeorangSyabab

Akibat Tanpa Ilmu

Suatu kisah di zaman Rasulullah Shallahu’alaihi wa sallam, ada seorang sahabat terluka di bagian kepala. Dan kemudian di malam harinya sebelum dia terluka dia bermimpi dan akhirnya junub. Karena pada saat itu sedang musim dingin, dia bertanya kepada sahabat lainnya. Apakan ada rukhsah (keringanan) bagiku untuk tidak mandi? Yang ditanya menjawab, Tidak! Maka mandilah sahabat tadi yang sedang dalam keadaan junub sehingga menyebabkan sahabat ini meninggal.

Kemudian sampailah cerita ini ke telinga Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam. Beliau marah besah dan berkata dengan nada tinggi,”Sungguh kalian telah membunuhnya. Semoga kalian diberi balasan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Mengapa kalian tidak bertanya jika tidak mengetahui? Karena sungguh obat dari tidak tahu ialah bertanya”

Kisah yang saya dapat pada saat ceramah tarawih. semoga menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu rajin menuntut ilmu, terlebih dengan ilmu agama agar kita tidak celaka. Dan semoga kita selalu dimudahkan Allah untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Rabbizidni ilman, warzuqni fahman.. aamiin

@yunusthariq

Resensi: Serbuan Maut The Raid

Pasti yang belum menonton ‘The Raid’ penasaran. Tapi tidak bagi saya yang sudah menonton. Two-thumbs up dan standing applause untuk para crew dan produser yang sudah berjibaku dalam proses pembuatan film The Raid.

Film ini memang wajib ditonton bagi anda pencinta perfilman di Indonesia. Selain karena cerita yang masih baru, film ini juga menyajikan banyak kelebihan. Tidakkah anda risih dengan film-film Indonesia yang berjudul horor dan menonjolkan pornografi. Untuk itu film ini hadir untuk mengobati ‘sakit’ dalam dunia perfilman di Indonesia.

The Raid merupakan film yang berasal dari Indonesia namun saat ini sudah mendunia. Lihat saja berbagai macam penghargaan yang sudah didapat. menurut informasi yamg saya terima, The Raid sudah mengantongi beberapa penghargaan; Midnight Madness Award (film pilihan penonton) di Toronto International Film Festival 2011, Dublin Film Critics Circle (film terbaik), dan pilihan penonton di Jameson Dublin International Film Festival 2012, dan masuk dalam kategori spotlight (film pilihan panitia) di Sundance Film Festival 2012. Bahkan, hak distribusinya telah dibeli oleh Sony Pictures WorldWide Acquisition(SPWA), sehingga film ini bisa diputar diseluruh Amerika. (http://www.seputar-indonesia.com)

Film ini mengisahkan sekelompok tim SWAT tiba di sebuah blok apartemen yang tidak terurus dengan misi menangkap pemiliknya seorang raja bandar narkotik bernama TAMA. Blok ini tidak pernah digerebek atau pun tersentuh oleh Polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman.

Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap. Tetapi ketika mereka terlihat oleh pengintai TAMA, penyerangan mereka terbongkar. Dari penthouse suite-nya, TAMA menginstruksikan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar.

Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh TAMA, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup..

Dari sinopsis film saja sudah bisa ditebak bahwa film ini bukan film asal-asalan apalagi berbau kemesuman. Film ini membuat saya tegang dari awal mulai sampai akhir. Apalagi saat penyerbuan tim SWAT dimulai. Ketegangan yang tiada henti sampai akhir, membuat anda yang menonton tidak akan berpaling dari layar lebar. Beraneka macam cara membunuh dan perkelahian pun disuguhkan tanpa adanya sensor sehingga bagi anda yang penderita Haemophobia [re:rasa takut terhadap darah], saya sarankan untuk tidak menontonnya. hehe

Penasaran gimana cerita dari film The Raid? Silakan saja kunjungi langsung di bioskop kesayangan anda..
Selamat Menonton.. Maju terus Perfilman INDONESIA..

salam @adenthoriq

Selamat Ber-UAS

Mendekati momen paling menegangkan bagi seluruh pelajar SMA kelas XII se-Balikpapan..
Saya dengan kerendahan hati dan ketulusan hati memohon maaf kepada sahabat-sahabat atas
Segala kesalahan dan kekhilafan saya..

Baik itu perbuatan yang disengaja maupun tidak,
Baik itu secara lisan maupun tulisan,
Baik itu kesalahan dalam skala besar maupun kecil,
Baik itu menyakitkan hati anda maupun tidak..

Semoga dengan momen menjelang UAS ini
kita semakin dekat dengan Allah SWT,
menggantungkan harapan, cita dan urusan  hanya kepada-Nya,
menjadi pribadi yang bertanggung jawab atas peningkatan intelektualitas diri,
dan tentunya sukses di UAS dengan hasil yang puas…

Kita bisa…
Kita bisa membawa nama baik diri…
Menyenangkan hati orang tua…
Menjaga nama baik sekolah…
dan mengharumkan kota tercinta, Balikpapan…

Selamat menjalankan UAS kawan..
Semoga sukses, berkah dan memuaskan hasilnya..
Salam dariku kawan.. 🙂