Toleransi Bagiku Adalah …..

Bb4pD8OIQAAqbLv

Saudaraku, maaf bila dalam beberapa hal yang berkaitan dengan agama lain, aku bersikap menjaga aman saja. Yah begitulah. Benak pikiranku berkata bahwa aku belum berani untuk ucapkan selamat natal kepada mereka yang berbeda denganku.

Maaf, bukan aku tidak menghargai nilai-nilai toleransi dan humanisme. Namun bagiku agamaku dan keyakinanku dalam hal ketuhanan tidak dapat tergadai dengan berbagai macam alasan.

Karena bagiku toleransi adalah membiarkan umat agama lain melakukan apa  yang mereka yakini tanpa mengganggu aktivitas peribadatannya.

Aku muslim meskipun belum begitu taat namun tetap menolak mengucapkan selamat Natal dan perayaan agama lain. Dan syukur alhamdulillah hingga saat ini aku belum pernah terlibat merayakannya.

Saya harap kalian mengerti maksud dan apa yang saya yakini.

Akhirnya, semoga ini tak melunturkan semangat pertemanan dan persahabatan kita dalam menjalani hari yang penuh damai di negeri Indonesia ini.

picture credit by AlFatihStudios

Advertisements

Ajaib, Pengemudi Selamat Setelah Dilindas Bus

KabarNet

Beijing – KabarNet: Saat kita menyaksikan foto di bawah ini, yang terbayangkan pertama kali adalah mustahil penumpang yang ada di dalamnya bisa selamat. Namun kenyataannya pengemudi dapat lolos dari maut, yang lebih mengherankan lagi tanpa lecet sedikit pun.

Audi berwarna hitam yang dikendarai Chen Wu tiba-tiba ditabrak bus dari belakang saat lampu merah di salah satu daerah di kota Beijing, China. Kondisinya sungguh mengenaskan, bus melindas sampai posisi bemper depan melewati atap dan kaca depan.

View original post 105 more words

PPATK dan KPK Telah Jadi Alat Penguasa?

KabarNet

Jakarta – KabarNet: Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) dinilai sudah tak lagi menjadi lembaga negara yang bersih dari kepentingan politik penguasa. Hal itu terlihat dari pengungkapan aliran dana dalam perkembangan penyidikan kasus suap impor sapi yang tampak begitu mudah dan lancar keluar dari PPATK.

Demikian penilaian Guru Besar Universitas Parahyangan, Prof. DR. Asep Warlan Yusuf, MH. Sebab, kondisi tersebut sangat bertolak belakang dengan penyidikan kasus mega skandal korupsi khususnya kasus Century dan Hambalang. “Persepsi itu tidak bisa disalahkan

View original post 492 more words

BBM akhirnya berani berbagi ‘kasih’ di iOS dan Android

GambarBerita mengejutkan datang dari pemilik platform smartphone Blackberry. BBM akan hadir di toko aplikasi masing-masing pengguna iOS dan Android pada musim panas nanti. itu berarti antara bulan Juli – September.

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia  sendiri adalah penyumbang terbesar laba perusahaan asal kanada ini. Yap, Negara kita adalah pengguna BB terbanyak di Dunia. Dan sebagian besar user blackberry ini menggunakan aplikasi bbm sebagai sarana komunikasi.  Tak pelak BBM sudah menjadi senjata utama ponsel cerdas ini. Itulah mengapa sebagian besar konsumen loyal terhadap produk blackberry. Fasilitas BBM membuat mereka menjadi eksklusif daripada ponsel-ponsel pintar lainnya.

Namun setelah selentingan kabar BBM bakal muncul di iOS dan Android, ini menjadi HOT Topic di berbagai situs-situs berita. Saya tertarik untuk mengeksplorasi pemberitaan itu. Dan benar adanya.

Padahal baru saja kemarin, rabu (5/6), saya dan teman-teman membahas isu ini dihadapan kelas kuliah marketing. Ternyata kepastian isu itu telah terjawab. Blackberry akhirnya memutuskan untuk berbagi layanan bbm kepada OS Smartphone lain.

Seperti yang saya kutip di koran tempo, BBM awalnya hanya diuntukkan pada sesama pengguna perangkat BlackBerry. Namun layanan chatting yang kayak BBM sudah banyak saingannya. Whasapp, misalnya, dia sudah memiliki pengguna pada kisaran angka 200 juta orang. Sedangkan BB hanya sekitaran 60 juta orang. Apa iya RIM pengen menambah pangsa pasarnya untuk meraih untung yang lebih besar?

But In My Humble Opinion, bila Melihat dari sisi konsumen, pengguna software iOS dan Android lebih diuntungkan. Mereka dapat dengan mudah memperoleh aplikasi BBM secara gratis di masing-masing apps store-nya. Cih..

Namun sebenarnya, seperti apa sih bisnis model yang dijalankan Blackberry setelah peluncuran aplikasi bbm lewat? Saya masih bingung dengan keberanian blackberry berbagi kasih layanan fitur BBM-nya. Sudah lah kita tunggu saja…

Menit-menit akhir

Bandung, 19 Maret 2013

Di pertandingan sepakbola, gol-gol yang terlahir di menit-menit terakhir adalah yang terspesial. apalagi jika gol itu membawa keadaan berbalik menang. Tentu kita masih ingat ketika dua gol yang dilesakkan oleh sergio aguero di menit injury time membawa manchester city juara liga primer Inggris. The citizen menang selisih gol dengan Manchester United yang sebelumnya memuncaki klasemen.

Tidak hanya dalam pertandingan sepakbola, dalam urusan mengerjakan tugas di kampus pun kita mengenal menit-menit akhir. Bedanya, menit-menit terakhir dalam kampus berarti mengerjakan tugas pada hari-hari terakhir menjelang batas waktu. Mengerjakan tugas, belajar untuk Quiz, membuat laporan ilmiah, membuat rencana kegiatan organisasi , atau hal lainnya, semuanya dikerjakan di saat – saat akhir menjelang deadline

Saya memberi istilah dengan the power of kepepet. mungkin istilah ini sudah pernah kalian dengar, karena saya bukan yang pertama menggunakan istilah ini. istilah ini dapat berarti, mengerahkan segala daya dan upaya agar tugas dapat diselesaikan karena sudah kepepet dengan deadline.

tapi In my humble opinion, setiap tugas yang dikerjakan pada menit-menit terakhir alias waktunya sudah mepet terkadang membuat jiwa dan pikiran ini tidak harmonis. Jiwa dan pikiran yang tidak harmonis itu adalah perasaan stres. Kenapa tidak? orang yang dirundung masalah kepepetan merasa dirinya sedang dikejar oleh makhluk bernama waktu. Kalian tahu lah kalo waktu itu bagaikan pedang. Yang akan senantiasa melibas orang-orang yang suka meremeh temehkan urusannya.

Tapi kawan, bicara soal menit-menit akhir, ngomong-ngomong saya belum menyelesaikan tugas mata kuliah economics yang akan dikumpul hari ini. okeh sekian saja dulu. back to work my homework. I don’t wanna killed by the sword. thank you for your attention. pray for me yaa. 🙂

Seni Ketergantungan Manusia pada Cinta

Bandung, 17 Maret 2013

Inilah rahasia dari peringatan Allah dalam Al-Quran. Apa pun dan siapa pun setiap saat dapat menjadi musuh bagi kita. Musuh itu ialah ketergantungan kita kepada orang yang kita cintai. ketergantungan jiwa yang membawa petaka.

Cinta yang memiliki ketergantungan itu tidak akan pernah terkonversi menjadi kekuatan seorang. tapi dia mengendap di dasar hati. menyisakan noda-noda yang juga menipiskan kecintaannya kepada Tuhannya.

Kebaikan jasa orang tua, membuat kita takut ditinggalkan mereka. Kecintaan terhadap barang membuat kita takut barang itu dirusak. bahkan, Kecantikan paras pasangan membuat kita takut mengalami perpisahan.

Itulah sebabnya Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah memerintahkan anaknya untuk menceraikan istrinya. perintah itu karena tak inginnya seorang Abu bakar melihat anaknya mencintai istrinya melebihi cintanya kepada Tuhannya. Maka hal serupa juga terjadi pada Umar bin Khattab yang menyuruh anaknya untuk menceraikan istrinya dengan alasan yang sama.

Anis Matta berkata dalam bukunya, “Jagalah jarak mu terhadap siapapun yang engkau cintai. Sebab kita tak akan pernah selalu bersama setiap saat”

Ketergantungan kepada seorang bukanlah sifat hakiki kita. Dia-lah yang menjadi tempat kita bergantung. jangan sampai manusia menjadi sumber kita berharap. sebab keberharapan itu sifatnya semu. Kekuatan jiwa yang MahaDahsyat ada di Rabb pencipta alam semesta. dan Kecintaan terhadap Tuhan harusnya berada di atas segala-galanya.

Mencintai memang mudah, namun mencintai orang yang tepat adalah perkara paling sulit

Flashdisk OKMB, Dibawa Lari Kemana yah?

GambarOKMB masih menyisakan kenangan tersendiri di benak pikiran. Karena Di saat itu lah saya dikenalkan dengan kondisi dan situasi kampus IMT. Perasaan campur aduk pada pelaksanaannya membuat letih yang waktu itu dirasakan menjadi memori-memori manis yang sayang bila dilupakan.

Namun bukan kenangan manis itu yang akan saya sharing dalam cakrawala berpikirku, lebih kepada suara tuntutan mahasiswa angkatan 2012 tentang dana pengadaan flashdisk okmb yang sampai saat ini belum satu pun diterima oleh IMT 2012. Sangat disayangkan keterlambatan pendistribusian itu sedikit demi sedikit membuat muak saya. Pengadaan barang storage tersebut pun diragukan, apakah flashdisk itu benar-benar ada?

Padahal seluruh mahasiswa angkatan 2012 telah membayar uang pengadaan flashdisk sebesar Rp 40.000,-. Jumlah mahasiswa baru ada sebanyak 1400. Jika dikalkulasikan dengan pendanaan flashdisk tersebut maka sedikitnya ada uang yang terkumpul sebesar 40 juta rupiah. Bukan angka yang sedikit dalam pengelolaan dana mahasiswa

Pendistribusian flashdisk OKMB menjadi penting, karena telah lewat tujuh bulan semenjak pelaksanaan OKMB 2012 belum juga dibagikan satu pun kepada mahasiswa angkatan 2012. Dikhawatirkan terjadi penyalahgunaan dalam penggunaan dana mahasiswa baru tersebut.

Saya secara pribadi meminta tanggung jawab dan kejelasan dari pihak panitia OKMB. Percepatan distribusi flashdisk lah yang menjadi solusi dari masalah ini.

Namun tulisan ini masih menyisakan pertanyaan besar akan kasus ini. Kemana larinya Flashdisk OKMB? Entahlah, Hanya Tuhan dan mereka lah yang tahu.

Secuil Kisah tentang “filistin”

Bandung, 1 Desember 2012

Pagi ini, di tengah gelayutan awan mendung, di sela intipan mata hari yang menggoda, di sela dedaunan yang masih membasahi, sebuah rintikan air mata hujan yang terus mengguyur permukaan kota kembang, dan sedikit juga berkisah tentang kehampaan hati ini dan bodohnya pikiran. saya ingin mengajak anda untuk bersyukur di hari-hari pertama desember.

Selagi mencicipi sarapan pagi ini, sedikit saja, saya ingin berkisah tentang sebuah perjuangan. perjuangan sebuah negara yang telah banyak menumpahkan darah bagi ribuan rakyatnya. tangisan ibu yang ditinggalkan oleh suaminya. sapuan anak-anak atas darah yang tertumpah di sudut kamarnya. mereka adalah saudara kita seiman dan seaqidah. yang tak lain adalah palestine.

Kebiadaban bangsa yahudi dalam menyerang tanah Palestina, memberikan pelajaran perang yang tak imbang dari segi persenjataan. inilah yang senantiasa mendapatkan kecaman dari banyak pihak, termasuk dari negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia. bahkan negara-negara blok barat pun turut juga melakukan aksi protes terhadap agresi yahudi yang telah berjalan puluhan tahun ini.

Harus ditegaskan bersama, Palestina mempunyai hak seutuhnya untuk merdeka dan terbebas dari perbuatan semena-semena bangsa yahudi. Apalagi pada era modern ini Palestina menjadi “satu-satunya” negara yang terjajah di dunia. Kondisi Palestina yang terus dijajah dan dibantai oleh Israel telah menjadi aib bagi peradaban modern yang kerap menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, kemanusiaan dan perdamaian.

Sekarang, dunia melalui forum internasional akhirnya mengakui eksistensi negara tersebut. mengantongi 140-an suara yang mendukung peningkatan status palestina di PBB, membuat jewish dan sekutunya geram dan marah. berbeda halnya yang terjadi di palestina. syukur tiada tara terucap dari hati pejuang dan rakyat palestinian. gema takbir tercuap dari bilik-bilik kota gaza. yang memberi arti besar bagi sejarah nasional mereka. saya hanya bisa tersenyum dan bertasbih memuji takdir Tuhan yang telah diberikan kepada mereka.

Namun, ingatlah saudaraku, perjuangan ini masih belum berakhir. otak-otak licik mereka akan selalu berupaya keras untuk menghancurkan kalian. menghancurkan kalian, berarti juga menghancurkan kaum muslimin. tetaplah waspada. teruslah berjuang. dan hadirilah Allah di setiap langkahmu. semoga Allah melindungi kalian dari siksa “api” dunia.

Alhamdulillah, gue udah punya KTM..!!!

Bandung, 7 November 2012 – Di tengah teriknya matahari dan bertebarannya debu-debu dakol saya harus berjuang ke kampus untuk memperoleh kartu identitas saya sebagai mahasiswa telkom business school (baca: IM Telkom) hehe. Memang akhir-akhir ini udara dan suhu kota bandung -ehh salah, maksud saya kabupaten bandung- siang tadi memang cukup hot. saya merasakannya bukan kepalang. saking gak kuatnya, jadi setelah selesai mengambil KTM saya buru-buru dah balik ke kos’an. ngadem. sambil makan siang dengan menu bakso dan sosis hehe nikmat euy.

Saya baru tahu, ternyata loket pengambilan KTM sudah berlangsung sejak selasa kemarin di lobby SKM dan lobby SMTM. dan terakhir pengambilannya hari ini di lobby SMTM. tapi buat yang tidak sempat mengambil hari ini bisa diambil di kantor cabang BNI Dayeuhkolot. setelah dapat info ini, saya buru-buru dah broadcast SMS ke teman-teman sekelas. maklumlah saya di kelas jabat KM, jadi kalo ada informasi-informasi gituh kudu rensponsif beritahu ke yang lainnya. maka dari itu nyokap suka ngomel tagihan abonemen  HP agak membengkak hehe.

Oia, berbicara tentang KTM, sebagai seorang mahasiswa, mahasiswa baru khususnya, tentu menjadi kewajiban memiliki kartu tanda mahasiswa sebagai tanda pengenal dan juga identitas diri. bagi saya ada perasaan bangga mempunyai kartu bukti secara sah dan meyaakinkan sebagai mahasiswa IM Telkom. Sudah lama saya menginginkannya tapi baru hari ini terealisasi. ktm ini teh bersifat  dwifungsi. fungsi pertama, ktm ini bisa digunakan sebagai kartu identitas mahasiswa IM Telkom. fungsi kedua, kartu ini bisa digunakan untuk mengambil uang di ATM. tapi saldonya kudu diisi dulu baru bisa diambil duitnya di atm. Kalo gak diisi yah, SAMA AJA BO’ONG!

Untuk yang akan datang sih, saya berharap dan berangan-angan kartu ini juga bisa digunakan sebagai alat absensi. capek atuh kudu tanda tangan mulu di setiap mata kuliah. ganggu konsentrasi pula. gak ada salahnya kan kalo tinggal gesek, lagipula juga keren hehe

dan buat yang penasaran sama KTM saya, ini dia saya persembahkan jreeeng….

Tuh foto asli gue! gue pas lagi gondrong. gue rada kesel ama temen gue yang nanya, “itu yang di dalam foto siapa nus?” rasanya pengen gue cincang dah tuh orang.
oia tak lupa bersyukur sama Tuhan, Alhamdulillah saya udah punya KTM. FYI aja, ini KTM berlaku seumur hidup loh..
Salam dari mahasiswa yang baru dapet KTM @yunusthariq   🙂

Welcome New Month, Welcome November!

1 November 2012

Bulan baru telah tiba. Saya merasa begitu spesial bila bertemu bulan november. Entah mengapa. apakah karena di bulan ini adalah bulan kelahiran saya. hehe. memang begitu sepertinya. tidak hanya saya saja yang lahir bulan november, ayahanda dan ibunda juga lahir di bulan ini. berbeda sendiri dengan adik saya yang mental jauh lahir di bulan april. hahaha

November kali ini tentu harus lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya. Tapi saya sendiri masih belum menyusun target untuk bulan ini apa.  biasanya memang saya selalu menentukan target-target pribadi secara bulanan. Karena banyak gagalnya, jadi saya lebih banyak mendiamkan target-target tersebut hehe

Tapi ngomong-ngomong bulan november ini identik dengan perjuangan. yah mungkin karena Hari Pahlawan jatuh di bulan november. tepatnya 10 november. mengenai peringatan tersebut saya masih menganggap sebagai seremoni belaka. padahal seharusnya kita yang mengambil tauladan-tauladan dari para pahlawan. mengambil nilai-nilai yang cocok tuk dijadikan sebuah perjuangan. karena bagi saya, hakikat dari seorang pahlawan adalan perjuangannya. dan menjadi ironi juga bagi saya bahwa momen kepahlawanan ini sudah banyak campur tangan orang-orang yang memiliki kepentingan. *loh kok jadi lari kesini*

Tapi sudahlah, November kali ini mari kita jadikan momen untuk bangkit dan berjuang. sesuai dengan profesi dan posisi kita. Saya harap ada perbedaan yang progresif dari diri saya untuk lebih bermanfaat bagi orang lain. Saya harap tak ada tangisan dari orang-orang yang saya sayangi. kalaupun ada, itu adalah tangisan karena bahagia. Saya harap diri ini lebih dekat lagi dengan Tuhannya.
dan saya harap kebahagiaan saya di awal november berujung juga di akhir november.

Welcome New Month, Welcome November
Keep your struggles, cause where there is no struggle, there is no strength.

Salam dari @yunusthariq 🙂

 

Selamat Hari Raya Idul Adha 1433H, Semoga Allah SWT Menerima Ibadah Kurban Kita Semua

Saudaraku sekalian, Tiada banyak kata yang terucap selain rasa gembira dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan nikmat yang diberikan. Hari ini merupakan hari terakhir dalam pelaksanaan ibadah haji, juga waktu penyembelihan hewan kurban. Dan di momen Idul Adha ini, Saya secara pribadi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H. Semoga Allah SWT menambahkan iman, menerima ibadah kurban kita, dan memberi kemampuan untuk melakukan ibadah yang lebih baik. aamiin yaa rabbal alamin…

salam hangat @yunusthariq 🙂